Thursday, September 19, 2013

Nick D'Aloisio : Millionaire Termuda Di Dunia!


Pernahkah kalian mendengar nama tersebut? Sepertinya hanya sedikit dari kita yang tahu tentang ke eksistensi-an pemuda tersebut. Ia adalah salah satu millionaire yang tergolong masih sangat muda. Ia adalah seorang remaja dan masih bersekolah seperti kita. Ia mempunyai model rambut yang keren, dan tentunya orangtuanya sangat bangga kepadanya. Penasaran kaan? Apa sih yang membuat orangtuanya sangat bangga kepadanya? Yuk kita simak dalam artikel ini!


Sebenarnya ia adalah The Youngest Techno Creator di dunia, mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh pembesut Kiip, Brian Wong. Sebelum memasuki bagian keren dari  Nick D'Aloisio ini, ada baiknya kita mengenalnya lebih jauh lagi. Nick lahir di Australia pada tahun 1995. Ia dibelikan komputer atau lebih tepatnya Mac pertamanya pada usianya yang ke 9. Dan hal yang ia gemari pada saat itu adalah membuat film film dengan software Final Cut Pro. Pada usianya yang ke 12, ia memulai mencoba membuat aplikasi pertamanya. Ia belajar menggunakan "C for dummies" secara otodidak. Lucunya, Ia mempublikasikan applikasinya tersebut dengan nama Ayahnya. Dikarenakan oleh umurnya yang masih belum mencukupi  Terms and Condition Apple Store. Namun hal itu bukanlah masalah yang dapat mengurung rasa keinginannya untuk mengembangkan aplikasinya. Lalu ia selalu mengembangkan applikasinya itu setiap tahun, dan akhirnya ia menciptakan applikasi bernama Trimit pada tahun 2011, lebih tepatnya pada umurnya yang ke 15.

Kemudian dalam beberapa bulan, ia mengubah nama applikasinya itu yang semula adalah Trimit menjadi Summly. Nah, karena sudah bosan membaca sejarah perjuangannya, mari kita masuk ke bagian kerennya. Apakah kalian bisa menebak apa yang akan terjadi padanya setelah ini? Tidak ada! Satu bulan, dua bulan, tiga bulan setelah di publikasikannya applikasi itu, tak ada kejadian apapun yang menimpanya. Namun ia tidak pernah patah semangat, ia terus menerus mengembangkan applikasinya itu! hebat bukan? Dan dari hasil kerja kerasnya itu, salah satu Raksasa Teknologi dunia pun akhirnya melirik applikasi besutannya itu. Perusahaan itu adalah Yahoo! Corporation. Ya, saingan mesin pencari google itu akhirnya melirik Summly besutan Nick itu 2 tahun setelah applikasi itu di luncurkan.


Janganlah terkejut, Yahoo! akhirnya membeli applikasi besutannya itu dengan harga 30 Milliar US Dollar. Wow! keren sekali bukan? Dan ada fakta lucu nih kawan kawan! Nick D’Aloisio ini ternyata hanya satu tahun lebih muda dari pada perusahaan Yahoo! Itu sendiri! Yahoo sendiri berdiri pada tahun 1995, dan juga Nick D’Aloisio.

Alasan Yahoo! Membeli applikasi besutannya itu adalah karena mereka yakin applikasi besutannya itu dapat mendongkrak bisnis mereka pada Mobile devices. Dan sekarang, kita yang masih belajar menjadi IT ini pasti sedang bertanya-tanya “ apakah saya bisa juga menjadi seperti dia”, atau bahkan “coba saya seberuntung Nick itu”. Janganlah menyerah dulu kawan! Lihat saja dari perjuangan Nick! Ia membutuhkan waktu sekitar 8 tahun untuk menjadi millionaire muda di dunia! Kerja kerasnya membuahkan hasil yang kita inginkan di masa yang akan datang nanti.

Oleh karena itu, kita juga harus bersemangat dan bergairah dalam mengembangkan ide, maupun applikasi yang sedang kita kembangkan saat ini. Mungkin pada saat ini kita belum merasakan hasilnya, tapi kedepannya who knows? Mungkin anda adalah salah satu yang beruntung seperti Nick yang saya ceritakan diatas.





0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Search This Blog