Friday, September 20, 2013

Nabi Idris AS,Penemu Pena,Menjahit,Astronomi,dan Matematika

Mungkin terlihat menyimpang,tapi sebenarnya Nabi Idris AS Merupakan Pelopor dari segala pelopor dari teknologi yang ada sekarang.
Kenapa saya bisa mengatakan begitu?
Teknologi umumnya ditemukan dengan perhitungan matematika,nah Nabi Idris AS lah yang pertama kali ilmu mengkaji ilmu hitung atau matematika berdasar kan kitab Al Bidayah.

Mungkin sudah pada lupa dengan 25 Rasul yang penting,salah satunya Nabi Idris AS.Mari kita mengenal Nabi Idris AS

Idris  (sekitar 4533-4188 SM) adalah salah seorang rasul yang pertama kali diberikan tugas untuk menyampaikan risalah kepada kaumnya. Ia diberikan hak kenabian oleh Allah setelah Adam dan Syits.

Dikatakan bahwa Idris lahir dan tinggal di Babil, Iraq, untuk berdakwah kepada kaumnya yang bernama Bani Qabil dan Memphis. Sedangkan beberapa kisah menyebutkan, Idris lahir di daerah Munaf, Mesir. Namanya disebutkan sebanyak 2 kali dalam Al-Qur'an.
Idris memiliki nama asli Khanukh (Akhnukh), ia dipanggil Idris karena ia selalu mempelajari mushaf-mushaf Adam dan Syits. Menurut buku berjudul , nenek moyang Nuh.
Dikatakan bahwa asal mula nama Idris berasal dari kosa kata bahasa Arab, "darasa" yang memiliki arti belajar. Ia dijuluki demikian karena ia banyak sekali mempelajari kitab atau shuhuf yang berisi ajaran Nabi Adam a.s dan Nabi Syits a.s, ia dianggap pula sebagai penemu tulisan dan alat tulisnya. Menurut Az-Zamakhsyari menyatakan bahwa kata Idris bukan nama yang berasal dari bahasa Arab.
Ia juga dijuluki sebagai "Asad al-asad" (Singa dari segala singa) karena keberanian dan kegagahannya, sedangkan di dalam kisah lain, Idris diberi julukan "Harmasu al-Haramisah"(Ahlinya perbintangan)

Nah saya sangat kagum pada Nabi Idris AS ketika beberapa hari kemarin saya membaca buku anak anak adik saya.anak SMA masih aja baca begituan? saya tidak malu bahkan,sebab kenapa saya harus gengsi dalam menuntut ilmu?bahkan untuk menuntut ilmu yang baik lagi.walaupun sebenarnya saya sudah pernah mengetahui ceritanya tapi sudah lupa karena itu waktu saya masih sangat kecil.kembali ke topik,kita tahu dari penjelasan diatas kalau Nabi Idris gemar belajar yang membuat khanukh(nama asli Nabi Idris) diberi gelar darasa  yaitu belajar

Nabi Idris AS banyak sekali mempelopori bidang bidang baru,contohnya matematika yang diperkenalkan kepada masyarakat babilonia membuat masyarakat babilonia telah mengetahui matematika setidaknya sejak 3000SM.Selain Matematika,Nabi Idris juga merupakan pelopor dalam ilmu Astronomi,contoh Rasi bintang orion atau rasi bintang waluku untuk penunjuk musim,atau untuk perjalanan yang sering digunakan para nelayan atau musafir dahulu sebagai penunjuk jalan.

Dikatakan pula Nabi Idris juga orang yang pertama kali menjahit baju berdasarkan riwayat Ibnu Katsir.Ia pertama kali melakukannya dengan menjahit pakaiannya sendiri kemudian ia memperkenalkannya kepada masyarakat agar para masyarakat bisa memakai pakaian yang layak

Saya begitu kagum terhadap Nabi Idris a.s terhadap apa yang ia telah lakukan,mulai dari beribadah,belajar,dan berdakwah.Bahkan ia sampai dikagumi oleh Malaikat-malaikat sebagai contoh Malaikat pengatur matahari,Malaikat pengatur matahari bingung ketika suatu hari matahari yang biasanya terik menjadi agak sejuk,ternyata kemudian ia mengetahui itu akbat doa Nabi Idris a.s,ia kagum bahkan Malaikat pengatur matahari sampai meminta izin kepada Allah SWT untuk bertemu Nabi Idris a.s kemudian Malaikat pengatur matahari pun dipertemukan dengan Nabi Idris a.s atas izin Allah.

Nabi Idris Kemudian Meninggal Pada Usia 82 Tahun di Langit Ke-4(Surga),Ia diangkat derajatnya dan diberi izin untuk tinggal selamanya di Langit Ke -4 oleh Allah SWT,Karena Ketakwaannya Kepada Allah SWT,Giat Mencari Ilmu,dan Tidak Mudah Menyerah Dalam Berdakwah.

Ya mungkin itu saja untuk hari ini,semoga apa yang telah saya tuliskan berguna bagi saya dan kita semua.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Search This Blog