Wednesday, September 18, 2013

E-Cycle,23 Kayuhan 1 Kilometer Pun Sampai

Ya,itulah inovasi yang berhasil diciptakan oleh anak bangsa kita,yaitu,Yusman Ahmad Nur (15) dan Anisa Naziha (15).Mereka membuat ini dari hobi mereka.Jika dengan sepeda biasa,kita mengayuh 160 Kayuhan untuk 1 Kilometer,cukup banyak bukan?Namun dengan inovasi mereka,kita hanya perlu mengayuh 23 kayuhan untuk dapat mencapai 1 Kilometer.Itu sama saja kita menghemat 7 kali lebih hemat tenaga yang perlu dikeluarkan dibanding sepeda biasa.

Sepeda diberi nama e-cycle (environment cycle) oleh Yusman dan Annisa, itu menjadi unik karena menggunakan prinsip dalam jam pegas. Pegas spiral tersebut berfungsi sebagai penyimpan tenaga yang memungkinkan penggunanya menempuh jarak yang sama dengan jumlah kayuhan yang jauh berbeda dengan sepeda kebanyakan.

"Prinsip kerjanya seperti jam weker pegas. Tenaganya disimpan di pegas spiralnya. Setelah kita kayuh beberapa kali, sepeda bisa jalan sendiri. Jika tenaganya habis, kita tambah lagi menggunakan kayuhan. Kami menyiapkan dua sistem gear dan menggunakan pegas spiral," lanjut Yusman.

Tapi sebelum itu kalian tahu weker itu apa?
Weker itu jam,tepatnya jam alarm untuk membangunkan kita atau pengigat yang cara kerjanya memutar pegasnya atau "kunci" nya,lalu pegas tersebut menyimpan tenaga yang kita keluarkan setelah kita memutar pegas itu,dan kemudian tenaga dilepaskan saat waktu yang diinginkan.

Dengan karya inovatifnya ini, Yusman dan Anisa dari SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy), Jawa Timur, mendapatkan medali emas untuk kategori High School (SMA) pada Dreamline 7th International Design Olympiad 2011, 9-10 April, di Ankara, Turki. Walau begitu, meski telah menjuarai beberapa lomba desain teknologi sains pelajar tingkat internasional, sampai saat ini e-cycle belum diberi hak paten.

Jika banyak sepeda banyak diaplikasikan inovasi ini tentu banyak pengguna sepeda motor tertarik dengan ini,terutama di indonesia dimana pengguna sepeda motor kita sangatlah banyak.Andaikata ada 10 juta pengguna motor diindonesia,10 % tertarik dengan sepeda ini,1 Juta pengguna sepeda motor diindonesia sudah berkurang,jalanan lebih lenggang,macet berkurang dan yang paling penting ialah berkurangnya penggunaan bahan bakar dan zat beracun yang dikeluarkan oleh sepeda motor.

Nah selain itu dampak lainnya juga berpengaruh bagi diri kita,seperti emosi,psikilogikal,kesehatan dan lainnya.Sebagai contoh Denmark,di Kopenhagen yang merupakan ibukota dari Denmark lebih dari 150 ribu orang menggunakan sepeda utuk kerja atau kesekolah,150 ribu saja sudah 37% dari penduduk kota tersebut.Angka harapan hidup dari Denmark mencapai 78.63 atau 8 tahun lebih lama dibanding Indonesia,Daftar Angka kecelakaan tentu jauh lebih sedikit dibanding Indonesia,Jika kita belajar atau pergi didukung suasana yang lebih sejuk oleh berkurangnya zat polusi,tentu kita lebih dapat mudah mengerti dari pelajaran yang kita pelajari atau membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan

Saya juga sangat berharap nantinya pemerintah Indonesia dapat mewujudkan jalanan bagi pengguna sepeda lebih banyak dan panjang agar pengguna sepeda lebih aman,Terutama jalanan besar,kadang kala ketika saya pulang dari suatu tempat saya sering melewati jalan besar,cukup menegangkan karena banyaknya pegguna kendaraan bermotor yang banyak dan cepat melewati saya,bahkan saya tiga kali nyaris ditabrak oleh bis transjakarta ketika saya ingin menyebrang jalan lantaran saya begitu pusing karena jalanan terlalu ramai dan buru buru,ketika jalanan kosong,bis transjakarta menyambut saya dengan klaksonnya.Anehnya ketiga dari kejadian saya alami tersebut terjadi persis ditempat yang sama serta tujuan yang sama,yaitu mengirim paket ke TIKI.Begitulah,semoga apa yang saya harapkan dari E-Cycle,dan jalanan bagi pengguna sepeda dapat terwujud dengan baik.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Search This Blog