Monday, November 25, 2013

Handphone - Dulu ,Kini ,dan Nanti

sumber:time.com
Semakin hari,teknologi semakin berubah dan cepat.Begitu pula dengan halnya Handphone.Handphone dahulu begitulah unik untuk dipelajari.Dimulai dari Handphone pertama kali diciptakan,dibuat oleh Martin Cooper,seorang Engineer dan Executive Motorola,pada 3 April 1973.diawali dengan handphone sebesar batu bata dan seberat 1KG,dan untuk waktu isi ulang baterai yang mencapai 10 jam,baterainya hanya mampu bertahan 30 Menit .Mungkin anda berpikir itu hal gila pada saat ini,membawa jalan-jalan sebuah benda yang hampir seukuran dan seberat batu bata.Tapi pada masanya jika anda membawanya ke jalan pada zamannya,orang-orang disekitar anda pasti akan terkagum-kagum maupun bingung ketika anda sedang berbicara melalui handphone pertama itu dijalan.Handphone itu dinamai Motorola DynaTac.


sumber:retrobrick.com
Semakin lama,handphone semakin kecil dari yang berukuran dan seberat batu bata,perlahan pada
akhir 1990an handphone hanya seukuran kartu kredit dan setebal buku komik saja.seperti handphone yang pernah kakek saya pakai,Ericsson T28.Handphone itu begitu unik dan keren waktu saya masih kecil.





Pada akhir 1990an juga.Munculah kegunaan baru handphone,yaitu

sumber:pcmag.com
sebagai sarana hiburan.Ingat game Snake pada nokia lama?ya itu merupakan game yang cukup populer hingga saat ini.walaupun bukan game pertama untuk handphone.Selain sebagai sarana bermain,pada Agustus 1999 oleh Samsung SPH-M2100 ,handphone dengan kemampuan memutar MP3 pertama didunia diluncurkan.Pada saat itu,merupakan zamannya orang-orang gaul membawa walkman(pemutar cd-player portable) untuk mendengarkan musik kesayangan mereka,tapi hanya dengan handphone itu,kita hanya perlu memasang handsfreenya dan kita bisa memutar lagu kesayangan kita.Namun sayang kabarnya handphone itu kurang laku dipasaran karena memorinya teralu kecil dan harganya cukup mahal.Namun kemudian pesaing handphone dari jerman,Siemens.Mencoba memasarkan handphone pertama dengan kemampuan ekspansi memori dan MP3 Player,Yaitu Siemens SL45,handphone itu cukup laku karena harganya cukup murah serta kemampuannya yang unik.

Perlahan-lahan Handphone pun bertransformasi menjadi sebuah smartphone,sebuah handphone dengan kemampuan PDA,bahkan hampir seperti komputer saat ini.

Sumber:asd.edu.qa
Namun sangat lah disayangkan ketika saya melihat banyak pengguna smartphone yang berharga mahal,menggunakan smartphone mereka hanya  untuk media komunikasi.Padahal fungsi smartphone jauh lebih banyak dibandingkan dahulu.

Beberapa hal yang dapat kita lakukan dengan smartphone

1.Membuat/melihat/mengedit sebuah dokumen
Buat orang kantoran smartphone bisa membantu anda disaat perjalanan atau sambil mengisi waktu luang dengan smartphone anda untuk membuat atau melihat bahkan mengedit sebuah dokumen.

2.Penunjang Olahraga
Yang ini merupakan salah satu kegiatan favorit saya,karena saya selalu jogg
ing ditemani dengan smartphone saya,untuk mengukur jarak tempuh,kecepatan bahkan mengukur detak jantung kita,dan musik agar tidak bosan selama perjalanan jogging saya.

3.Sebagai Tempat Berkreasi
Siapa yang bilang kalau smartphone tidak bisa jadi tempat berkreasi kita?
sumber:business.financialpost.com
Ya,smartphone bisa jadi tempat berkreasi kita,tapi tergantung minat kita apa.Misal,seperti saya,saya senang mendekorasi tampilan desktop smartphone saya.Maka saya bisa mencari wallpaper,icon,dan launcher yang cocok,lalu tinggal kita ubah sesuka kita.

4.Sebagai Sarana Belajar
Saya cukup sering melakukan kegiatan ini dengan smartphone saya,karena kadang buku cetak yang saya miliki kurang lengkap,maka saya bisa mencarinya di internet pada artikel artikel yang bisa ditemukan nantinya ataupun memfoto catatan yang guru tulis dipapan tulis agar kita lebih fokus apa yang guru berikan dipapan tulis.Tapi pada Store aplikasi smartphone sekarang sudah banyak aplikasi untuk belajar misalnya Aplikasi untuk belajar huruf huruf jepang,kamus,soal soal latihan dan lainnya.

5.Untuk penunjang penderita disabilitas
Mungkin terdengar cukup mustahil bila tunanetra memakai handphone apalagi smartphone yang hampir tanpa tombol,tapi justru sebenarnya smartphone lah yang lebih mudah digunakan dengan dukungan voice assistant dan aplikasi ketiga yang membuat para tunanetra tahu apa yang sedang ia tekan pada touchscreen yang akan disuarakan oleh smartphonenya.Atau juga bagi penderita tunarungu dan tunawicara yang kesulitan berkomunikasi dengan lainnya bisa menggunakan smartphone sebagai media pembantu.Contoh Tunawicara ingin berbicara,maka cukup mengetik di Aplikasi Google Translate lalu dipilih suarakan agar bisa mengerti.

*Contoh Gambar,sumber:digitaltrends.com
Nah,kita sudah tahu handphone dulu,dan saat ini.Bagaimana handphone masa depan nanti?
Tentunya handphone masa depan menjadi lebih mudah dibawa kemana-mana,juga menunjang jauh lebih banyak aktivitas sehari-hari kita.
Nah oleh karena itu saya terpikir jam tangan dengan kemampuan seperti smartphone,jadi dalam jam tersebut,tersemat semua kemampuan smartphone.mulai dari telepon,internet,gaming,dan lainnya.

Untuk itu saya beri nama jam ini DuWatch,karena handphone ini kemampuan 2 sekaligus,menjadi smartphone sekaligus menjadi jam tangan.

Untuk desain konsep DuWatch in,saya cukup mengambil model yang simpel namun elegan,yang bentuknya tidak jauh berbeda dengan bentuk jam tangan saat ini.Tapi jam ini dibuat fleksibel dari layar hingga kerangkanya agar bisa mengubah jam tangan menjadi smartphone dengan hanya melepas dari tangan saja jika ingin menjadi smartphone atau dipasang kembali ke tangan jika ingin menjadi jam tangan seperti biasa lagi.
Tapi kendalanya sekarang ada beberapa teknologi yang belum ada yang dibutuhkan oleh DuWatch konsep saya ini.Seperti Kerangka Yang Sangat Fleksibel,Motherboard,dan lainnya.

Ada juga konsep lain.handphone masa depan seperti yang dipegang Karakter Anime ini

Sumber:myanimelist.com
dan  model konsep aslinya seperti ini
Sumber:blogbus.com
dan ada juga konsep unik dari Iron Man 2
concept-phones.com
Jadi handphone ironman ini sepenuhnya transparan,walaupun begitu sebenarnya smartphone seperti ini sudah ada konsepnya dalam dunia nyata.

Sekian Artikel Untuk Lomba TI USD

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Search This Blog