Thursday, September 19, 2013

Human Powered Helicopter : The Atlas


Banyak hal yang kita pikirkan itu mustahil untuk kita realisasikan. Terutama jika membayangkan seorang manusia yang dapat mengangkat sebuah helikopter seorang diri. itu impossible bukan? Tapi coba pikirkan ulang kata kata impossible  tersebut. Jika kita kecoh sedikit kata itu, maka jadilah kata I’m possible yang berarti Saya Bisa! Dari kata itu kita pun bisa menyatakan bahwa sebuah helicopter yang ditenagai oleh manusia pun ternyata memungkinkan untuk diciptakan!

Adalah sekelompok pemuda dari University of Toronto, yang berhasil menciptakan The Atlas, helicopter yang di tenagai oleh manusia. Aneh tapi nyata, helicopter ini benar benar bisa terbang hingga ketinggian maksimum 3.3 meter dari permukaan lapangan sepak bola Soccer Centre, stadium sepakbola indoor di Toronto. Nah, sekarang coba tebak deh! Ukuran helikopternya seberapa ya? Mungkin sebagian besar dari kalian mengira helicopter ini berukuran kecil, atau sebut saja dengan lebar 8x8 meter.


Namun sayang sekali, karena sebagian besar dari kalian itu salah. Helicopter ini berukuran sangat besar! Bisa diukur 50x50 meter persegi.  Bisa dilihat dari gambar, bahwa helicopter itu terdiri dari 4 baling baling besar yang memiliki lebar 20 meter. Dan bisa kita lihat pula ditengah tengah baling-baling tersebut terlihat orang orang yang sangat kecil, bisa dijadikan pembanding serta bukti bahwa helikopter ini sangat besar. Ettsss! Jangan salah sangka! Dari ukuran sebesar itu, helikopter ini hanya memiliki berat 55kg. Tapi walaupun beratnya hanya 55kg, kita masih kurang yakin bukan? Apakah helicopter ini dapat benar benar terbang nantinya. Kita lihat saja eksperimen eksperimen sebelum Atlas ini, yang telah gagal 2 kali. Bahkan orang Amerika pun menilai penelitian ini secara ilmiah tidak masuk akal. Namun apakah yang terjadi? Helicopter tersebut benar benar terbang!


Terbukti dari Video yang saya dapatkan ini. Ternyata tenaga manusia yang dimaksud adalah seorang pria yang menaiki sepeda yang dimodifikasi untuk memutar baling baling tersebut. Telah terbukti, bahwa percobaan ini telah berhasil.  Lucunya, percobaan ini membutuhkan waktu 3 abad untuk membuktikan bahwa pendapat orang orang Amerika itu salah.

Para pemuda tersebut dihargai oleh pemerintah Amerika dengan uang sebesar 250.000 US dolar. Berdasarkan orang yang menaiki helicopter itu, bagian paling sulit dalam menerbangkannya bukan saat naik keatas, melainkan lebih sulit untuk mengontrol saat turun dan mencegahnya agar tidak jatuh. Mereka menyatakan bahwa hadiah uangnya memang baik, tetapi kepuasan yang sebenarnya datang dari hasil yang dicapai.

Walaupun mereka bukan yang pertama namun mereka yang berhasil memenangkan
Sikorsky Human Powered Helicopter Competition yang diadakan sejak tahun 1980 dengan syarat pemenang ialah bisa menerbangkan helikopter itu dengan ketinggian 3 Meter dan mampu terbang minimal selama 60 detik

Kini,Setelah 3 Bulan memenangkan Penghargaan untuk helikopter tenaga manusia,tim mereka akan membuat rekor lagi pada minggu depan,yaitu 23 dan 24 September,yaitu rekor ketahanan dalam menerbangkan helikopter tenaga manusia tersebut untuk pria dan wanita.

Dari percobaan itu, dapat kita simpulkan bahwa, banyak hal hal di dunia ini yang kita pikir itu mustahil untuk dilakukan. Namun nyatanya, jika hal hal itu kita teliti terus menerus, hingga akhirnya menemukan titik terang, maka kita bisa membuktikan kepada orang orang bahwa selama ini mereka itu salah. Dan, kita akan menemukan kepuasan dari apa yang telah kita lakukan.


0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Search This Blog